Home » BERITA CPNS » Pangdam Jaya: PNS Adalah Komplemen dari TNI

Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal TNI E. Hudawi Lubis memimpin acara pengarahan tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil jajaran Kodam Jaya/Jayakarta di Aula Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No.5 Cililitan Jakarta Timur.

Hadir dalam acara tersebut Asisten Personel Kasdam Jaya Kolonel Inf Hadi Basuki, Asintel Kasdam Jaya, Kabekangdam Jaya, Kajasdam Jaya, Kaajendam Jaya, Waaslog Kasdam Jaya, Waaster Kasdam Jaya serta seluruh Pegawai Negeri Sipil jajaran Kodam Jaya/Jayakarta yang seluruhnya berjumlah 992 orang.

Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI E.Hudawi Lubis dalam arahannya menyampaikan bahwa Esensi Pegawai Negeri Sipil adalah komplemenĀ  dari TNI, merupakan bagian dariĀ  kekuatan yang dibutuhkan dalam organisasi di lingkungan TNI. Pemahaman akan esensi tersebut, mengandung arti bahwa keberadaan Pegawai Negeri Sipil tidak dapat dipisahkan dengan Prajurit TNI, yang memiliki kesejajaran ditinjau dari jabatan dan kepangkatan. Kesejajaran status ini, menyertakan konsekuensi tidak ringan yaitu sebagai PNS, dituntut semakin memiliki kompetensi dalam kemampuan dan keunggulan karakteristik kepribadian. Terlebih di era reformasi birokrasi saat sekarang ini, tuntutan peningkatan kualitas PNS guna mendukung pembinaan karier berupa wawasan pengetahuan, keterampilan serta sikap perilaku, akan terus mengemuka.

Setiap kinerja ataupun tampilan PNS keseharian dalam melaksanakan tugas, tidak akan terlepas dari pengamatan publik dan sorotan masyarakat. Reformasi birokrasi mengamanatkan upaya pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan.

Pada perkembangannya, kinerja yang ditunjukkan oleh Aparatur Negara termasuk PNS di lingkungan TNI, semakin terukur dengan parameter yang jelas. Salah satu contoh, sistem yang digunakan untuk pengangkatan menduduki jabatan atau kenaikan pangkat lebih tinggi didasarkan pada sistem prestasi kerja. Sistem ini membuka ruang pertimbangan yang lebih luas, bagi Komandan Satuan atau Atasan untuk melakukan penilaian atas kecakapan dan prestasi kerja PNS sekalian. Jadi, bukan merupakan jaminan bagi PNS yang telah memenuhi masa kerja, kemudian dapat langsung diusulkan promosi jabatan dan kenaikan pangkat, manakala prestasi kerjanya rendah.

Ke depan, kesempatan dan persaingan untuk meniti karier atau menduduki jabatan tertentu akan semakin ketat, sehingga harus mulai diantisipasi dengan baik. Berbicara tentang karier dan prestasi kerja, saat sekarang kebijakan pembinaan PNS Kemhan akan memberikan kesempatan bagi PNS yang ingin melanjutkan pengabdian di luar lingkungan TNI AD.

Pada akhir pengarahannya Pangdam Jaya menekankan agar terus memerbaiki kualitas diri dan senantiasa berusaha meningkatkan kinerja sesuai bidang masing-masing, agar nilai kompetensi sebagai PNS Kodam Jaya menjadi semakin baik.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:

Comments are closed.