Pengumuman CPNS 2014 - Pemda Dilarang Terima Lulusan SMA jadi CPNS

By | 10/04/2011

Pemerintah Daerah (Pemda) diminta untuk tidak mengusulkan lulusan SLTA dalam formasi CPNS/CASN 2011. Pengaturan ini menurut Kabag Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tumpak Hutabarat karena berdasarkan statistik, jumlah PNS/ASN yang berasal dari SMA masih cukup banyak. Sehingga jumlah ini akan dikurangi pemerintah secara bertahap.

“Sesuai data statistik, lulusan SMA masih mendominasi PNS/ASN di Indonesia. Jumlahnya melonjak sejak 2002. Karena itu tahun ini kita tidak akan menerima lulusan SMA lagi,” tegas Tumpak yang dihubungi, Jumat (8/4).

Kalaupun Pemda kukuh untu memasukkan lulusan SMA karena alasan untuk dipekerjakan sebagai tenaga kebersihan, keamanan, dan pengemudi, pemerintah pusat tidak bisa lagi mengabulkannya. Menurut dia, sebaiknya ketiga posisi tersebut dioutsourcing saja karena tidak dimungkinkan rekruitment CPNS/CASN dari pendidikan SLTA maupun menjadi tenaga honorer baru.

“Sebenarnya sudah sejak beberapa tahun lalu lulusan SMA tidak bisa lagi diangkat CPNS/CASN. Tapi karena pertimbangan Daerah di kawasan timur masih kurang SDM lulusan DII, ya terpaksa diterima meski prosentasenya kecil. Namun mulai tahun ini sudah tidak bisa lagi, struktur kepegawaian kita sudah over lulusan SMA,” tegasnya.

Lulusan SMA masih memungkinkan masuk dalam formasi CPNS/CASN, lewat jalur honorer tertinggal. Karena berdasarkan verifikasi dan validasi honorer kategori I (yang dibiayai APBN/APBD) banyak lulusan SMA. “Kalau lulusan SMA yang merupakan honorer tertinggal bisa masuk dalam formasi. Namun tidak berlaku untuk formasi pelamar umum,” pungkasnya. (esy/jpnn)

Silahkan Klik link ini:

Arsip List Posting PPCI

2 thoughts on “Pengumuman CPNS 2014 - Pemda Dilarang Terima Lulusan SMA jadi CPNS

  1. rudi

    udah jamane x orang2 yang berduit aj yg jd pegawai.orang kecil d injak2.

  2. ILHAMSYAH

    SAYA HANYA LULUSAN SMK TAPI KAMI MEMPUNYA KETERAMPILAN KOMPUTER,INSTALATIR DAN PENGALAMAN MENGAJAR SELAMA 5 TAHUN DAN TELAH BEBERAPA KALI MENGIKUTI PELATIHAN SERTA TRAINING YANG DI ADAKAN OLEH DIKNAS,KAMI SANGAT INGIN SEKALI UNTUK KULIAH AGAR DAPAT MENYETARAKAN PENDIDIKAN NAMUN KENDALANYA KAMI MENGAJAR DI DAERAH TERPENCIL DAN SANGAT SUSAH UNTUK MENDAPATKAN PENDIDIKAN AKADEMIS UNTUK ITU KAMI MOHON PERTIMBANGANNYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *