Home » Uncategorized » Penerimaan CPNS Pemerintah provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, dan DKI Jakarta Serentak pada tahun 2010 sekitar 12-25 November

Pemerintah provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, dan DKI Jakarta sepakat menggelar seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN) tahun ini secara serentak atau bersamaan.
“Kami dan empat provinsi lainnya sudah sepakat menggelar tes penerimaan CPNS/CASN secara serentak,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Rasiyo, di Surabaya, Jumat.
Ia memperkirakan, tes akan dimulai 4 Desember 2010 dan pengumuman kelulusan 14 Desember 2010, sedangkan pendaftaran akan dibuka pada 12-25 November 2010.
Rasiyo beralasan bahwa disepakatinya pelaksanaan tes CPNS/CASN secara serentak itu untuk membatasi peserta tes dari luar provinsi.
“Biasanya, pelamar bisa berpindah-pindah mengikuti tes karena pelaksanannya tidak bersamaan,” kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Jatim itu.
Padahal, menurut dia, kemampuan akademik dan kualitas sumber daya manusia asal Jatim tidak kalah jika dibandingkan dengan peminat dari provinsi lain.
Oleh sebab itu, dia berharap, formasi CPNS/CASN Pemprov Jatim 2010 bisa terpenuhi oleh pelamar asal Jatim.
Tahun ini Pemprov Jatim mendapatkan jatah 283 CPNS/CASN baru. Gubernur Jatim Soekarwo sudah mengajukan penambahan kuota kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
“Namun sampai sekarang belum mendapatkan jawaban. Berarti tahun ini tidak ada tambahan formasi lagi untuk Jatim, kecuali hanya 283,” katanya memastikan.
Formasi CPNS/CASN 2010 yang dibutuhkan adalah tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis, seperti penyuluh lapangan perikanan, pertanian, dan koperasi serta UKM.
Berikutnya adalah pekerja pendukung, meliputi pengawas kendaraan bermotor, pengawas transportasi, dan pengawas ketenagakerjaan.
Sementara itu, penerimaan CPNS/CASN 2010 di kabupaten/kota tidak lagi dipusatkan di Pemprov Jatim, namun ditangani sendiri oleh pemerintah daerah setempat.
Ketentuan itu berdasarkan Surat Menpan dan Reformasi Birokrasi tanggal 27 Juli 2010 Nomor B/1654/M.PAN. RB/ 7/ 2010.
Walaupun begitu, penyelenggaraannya tetap difasilitasi Gubernur Jatim selaku wakil pemerintah pusat di daerah.
“Dengan demikian, beban Pemprov Jatim sedikit berkurang karena semua tanggung jawab penerimaan langsung di bawah pemerintah kabupaten/kota selaku penyelenggara,” kata Rasiyo



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:

There Are 50 Responses So Far. »

  1. tetep aja bakal banyak titipan titipan pejabat… dan calo…

    sampah…

  2. knapa masuk cpns selalu banyak syarat… kartukuninglah, skck, surat dokter, bla bla bla… udah biaya banyak buat ngurus ini itu padahal belum juga diterima… padahal cpns yang diikuti kan gak cuma satu doank…

    harusnya cukup daftar online dan scan ijazah maupun ktp dikirim online… setelah diterima baru tunjukin yang asli..

    perhatikan juga peredaran ijazah2 palsu…. perlu verifikasi dengan menghubungi ke PTN terkait…
    batas ipk lulusan PTN dan PTS harus beda, juga teknik dan nonteknik

  3. Setuju banget..
    harusnya cukup daftar online dan scan ijazah maupun ktp dikirim onlineā€¦ setelah diterima baru tunjukin yang asli..n klo dah lulus baru dech tunjukin aslinya…

    Tapi..wong bilang biar ada juga pemasukan daerah dan negara..kasihan khan mrk2 yg gawe di kecamatan, dinkes,,mo dpt duit darimana?

    Maka dari itu msh bnyk tau PNS yg berkeliaran saat jam kerja,,,

    Gimana ya…kita buat saja Organisasi Tangkap PNS Nakal saat Jam kerja…Bangga lagi dgn atribut PNS-nya…Kacian dech lw…berenti sj klo nda iklas jd PNS…krn kita2 siap gantiin lw-lw pada yang ga disiplin…..

    Peace..

  4. setuju ame satpol dan lebay. Lebih simpel klo sistem rekrutnya online, masa ga ada perkembangan sih untuk perekrutan CPNS. Memang ada sih beberapa yang sudah menggunakan sistem online.

  5. kok jaman sekarang masih ada yang manual sih…sebelum seleksi cukup online ja biar gak ribet dapat memenuhi kapasitas di tempat pendaftaran gak overload,cukup daftar online pake scan dulu ja dan yg memenuhi kriteria baru di umumkan, kan enak tuh?… gak pake acara ribet?..dan kalau pake rangking IPK diumumkan secara online dan automats dong biar ketauan,jadi tahu kapasitas pendaftar.makasih saran dari saya…semoga kedepannya kagak pake ribet.

  6. Setuju banget sama satpol..2 thumb 4 u.khan sekarang udah jamannya canggih, registrasi cukup online aja..ntar kalo lulus registrasi online, masuk ke registrasi administrasi baru nunjukin/nyerahin berkas2 fotokopinya.setelah lulus, masuk ke ujian tulis.setelah itu baru nunjukin berkas aslinya. Rasululah bersabda barangsiapa memudahkan satu urusan seseorang di dunia, maka Allah SWT akan memudahkan satu urusannya pada hari kiamat kelak..(Insya Allah shahih. mohon koreksinya jika ada kata2 yang salah..thanks..

  7. kenapa sih kalau mau urus pndaftaran pns banyak banget syaratnya, kartu kuning, sksk dan lainnya. itukan banyak biaya yang dikeluarkan. belim tentu juga diterima, soalnya banyak bget yang daftar, smpe ribuan orang, .. uuups maaf …

    kita memang harus OPTIMIS dan tetap semangat, cayo anak bangsa. semangat ya ..semangat2.

    setuju banget tu …
    apa lagi kalo daftar pnsnya secara online aja, dan jika sudah diterima baru kita siapkan berkas skck dan lannya.

  8. stuju bgt online tp tgl pendaftaran na yg jelas ya….
    coz tkt ketinggalan ne…

  9. Jaman Canggih…daftar PNS Aja Masih Ribet…Untuk Efisiensi Panitianya syarat utama yang jelas harus ada ijazah dan transkrip nilai…ma KTP…Lha yang lain klo ntar lulus tes..baru minta…
    Cek…cek…cek…
    Hari Gini PNS (Pegawai Negeri Sipil) Masih Keluyuran di Jam kerja?…Gak Jaman Kalee….Yang Begitu sih masih terhormat yang jadi PNS “(Pemulung Nasional Sejati)…Sudah Kalo ketahuan Keluyuran Ga jelas..mending kasih sanksi..di sel sampai Kepala Dinasnya yang Jemput…pasti asyik..

  10. saya jg heran knp ya tiap urus surat (birokrasi) di pemerintahan kok ribeeet nya mnt ampuun.
    sy sndiri mengalami..saat saya mengurus AK( kartu kuning)dr Riau)daerah asal sy urus,ketika sy tny kan kepada pegawai kntr camat di daerah sy tinggal…mereka mengatakan tdk bs di perpanjang AK (krtu kuning)asal luar kota KEPRI.biarpun krtu kuning sy msh berlaku dan sy hrs mempunyai KTP KEPRI kemudian bs mengurus AK (krtu kuning)syarat lainnya saya hrs melegalisir ijazah dr sekolah asal saya (Riau)
    disini sy amat sangat keberatan,masa sy hrs brkt hanya utk melegalisir ijazah sy???
    yg ini lah membuat masyarakat terkadang merasa sulit dlm pengurusan surat” di pemerintahan..
    jadi jangan saja menyalahkan masyarakat yg kedapatan memiliki KTP lebih dr 1..
    karena banyak begini harus begitu…

  11. memang amat sangat ribet dalam birokrasi CPNS
    hrs krtu kuning,legalisir ijazah lah,dll
    formalitas saja semua..
    ujung” nya kalau mau LULUS hrs pake FULLUS…

  12. stuju banget daftarnya online n lo bisa di iklanin lewat media elektronik so biar ga simpang siur….

  13. low cpns…………. tetep favorit. indonesia gtu lho….

    ironis bgt, sekian ribu sarjana ngantri hanya untuk 1 ato 2 formasi yg kdg ga jelass…

    OMG……… beri jalan laen k Roma, kreatif dlm hdup kalie yaaa….

    janji yg terlalu manisss……….. so sweet.

  14. Mau jadi PNS ? Siapkan uang minimal 40 jt…….., baru anda bisa jadi PNS. Gwa ikutan sleksi CPNS sedjak doeloe,tetap yang menang dengan kriteria… 1. Banyak doeit boeat nyogok 2. Anda harus punya keluarga Pejabat minimal Anggota DPR/DPRD 3. Punya kenalan di pemerintahan….
    Kenapa saya berani bicara begitu……. fakta…. walaupun mungkin aja ada yang jujur. Tapi semuanya faktor keberuntungan….. jadi PNS di Indonesiamah gak perlu pinter…… kerbau pun kalo punya duit dan punya kenalan pejabat bisa jadi PNS di Indonesia. Tidak heran coba anda lihat…… prilaku aparatur negara kita…….., PESAN BUAT MENTERI PAN. Gak usah ada seleksi2 an udah aja di LELANG PAKKKKK > HIDUP PANCASILA>>>>>>>

  15. emg birokrasi di negeri kita jadi birocrazy.katane transparan tapi kita gak pernah tau hasil ujian kita sendiri tau-tau si “a” yg keterima.kemaren cari surat dokter, skck, legalisir ijazah mana kampusq luar kota, materai, kirim pos dah habis lebih 60 ewu lebih. aduh mo jadi abdi negara aj ribet. negara menjamin kesejahteraan rakyat ato rakyat yg harus nyejahterakan negara :(

  16. hai saya lulusan SMA terkemuka dan prestasi bahasa inggris tingkat propinsi jadi saya bisa ngikut daftar tidak?ini mau kuliah belum ada dana jadi butuh kerja kalo ada balas dunk! ke emailku

  17. hi hi.. yang ngomong pasti bukan pns, enak kok emang jadi pns.. kayak aku ni..

  18. ada yang jadi calo cpns ga? tolong dong angkat aku

  19. tahun ini di Yogyakarta ada formasi guru g????
    kira2…kpn y???

  20. tolong pak menteri atau presiden atau siapapun itu…urusan birokrasi dalam pendaftaran pns kok dipersulit ya? kita hanya mau hidup lbh baik dan layak aja kok dipersulit??? tolong pengertiannya. yang mengeluhkan hal ini bukan cm satu atau dua orang saja…mohon ingat yg dibawah kalo sudah diatas…km hnya mau mendaftar tuk masa depan anak dan keluarga kami yg lebih baik…

  21. Wahh…ada berita bagus bagi lo pada yang ngelamar CPNS ato yang masih nganggur.pikiran gw jadi kebuka bahwa menjadi pengusaha jauh lebih sukses dan berhasil dari orang kerja kantoran baik itu PNS ato karyawan swasta…gw dapet info dari aku milyarder ternyata dia hanya seorang lulusan SMA tahun 2005 yang udah berhasil penghasilan mencapai 700 juta dalam 1 tahun.

  22. cpns hanya dijadikan ajang untuk mencari uang bagi pns yang menyamar menjadi makelar cpns.
    cpns hanyalah bohongan padahal semua posisi sudah terisa oleh orang – orang yang tidak mempunyai kepandaian dan kepintaran, hanya orang2 berduit yang menjadi cpns.
    bullllll….shiiiiiitttt…. dg cpns

  23. tanggal berapa CPNS dibuka,pastinya tanggal berapa di kab blitar?

  24. yang bener lw emg takdirnya jd pns sobkal jd… entah pake jln halal ato gag tu urusan masing2….
    yaahh.. mgkn ja pns2 yg kluyuran tu tersangka sbg penganut jln gag halal kale….

    hufh,

  25. kalian memang gak pandai baca ya coba lihat tes pengumuman cpns bkp dan tahun 2009 sehars nya untuk tahun 2010 tolong dirubah ya

  26. ini gue ambil dari pengumuman CPNS BPN 2010

    II. Persyaratan Khusus :
    b. Sarjana

    Lulusan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta terakreditasi A: 2,75

    Lulusan Perguruan Tinggi Swasta terakreditasi B dan C : 3,25

    Kalo gw dari PTN yg akreditasinya B, IPK > 3 boleh ga ya?

  27. daftar CPNS kok ribet ada yg harus menyertakan surat keterangan akreditasi sgala. Sdh susah payah masuk PTN, eh,.. stelah lulus & mo daftar cpns masih aja ditanyain akreditasi. mending kayak dulu aja…lulusan PTN ga usah pake akreditasi, yg perlu status itu hanya PTS aja. (coba inget apa ada PTN yang punya status disamakan/diakui/terdaftar)

  28. u/ cpns sby mlai pendf kpn yaa…?? atut ktinggalan nich….

  29. payah….bnyk tikus2 nya

  30. Gue korban calo.
    dia minta 90jt gua kasih, tapi tetap aj gue ak lolos.
    duit gue 40jt gk balik lg, nasib.. nasib!

  31. pak,,,mazzz,,,
    kalau ada lowongan.bagian pengadilan kasih tau y pak,,kirim ke email Q,,

    thankss,,,,

  32. Penerimaan CPNS tetap sarat dengan KKN

  33. udh brp belas pns deprtemen yg gw iktn. tiap deprtemen rata2 60 rbu keluar duit. bhkn gw hrs tes k jkt pp ke bdg, tp koq sush bgt yh msk pns. apa hrs ada do’it sma relasinya yh?

    udh ga aneh lah mo kerja di pemerinthan hrs pke do’it ma relasi.

    mkny di indonesia yg ky tmbh ky yg miskin semakn miskin hufttt….

  34. lowongan CPNS yang paling transparan menurut saya adalah LIPI. setiap saat status pelamar bisa dilihat di database, termasuk tanggal berkas kita diverifikasi mereka, bisa liat jumlah atau nama nama orang yang lolos verifikasi yang akan jadi saingan kita, semua dapat dilihat. mulai tahun ini juga ga pake ngirim lewat pos segala, cukup online. jadi oknum yang mau nitip2 juga sedikit dipersulit dengan sistem ini. berkas2 seperti kartu ini itu bisa dibawa menyusul setelah lolos seleksi. cpns pemkot pemkab mah ga akan berani bikin database pelamar kayak gini. lha pengumuman lowongannya aja terkesan sembunyi sembunyi. cuman sayangnya di lipi batasan ipk tidak memandang akreditasi atau status PTN/PTS tsb seperti beberapa CPNS lain, jadi ada kemungkinan didominasi PTS abal abal yang praktik jual nilai/ijazah dengan IPK tinggi. sedangkan lowongan CPNS paling matre adalah Pekerjaan Umum (PU). liat aja syarat toefl aja ada 2 sertifikat, pertama toefl dari lembaga bahasa di kampus, yang kedua dipilih satu diantara 3 tapi semua dari swasta, (LIA, IIEF, IDB), mungkin maksudnya agar bener2 menyaring pelamar dengan kemampuan inggris yang baik bukan cuma diakui 1 lembaga tes saja, namun inikan justru menguntungkan yayasan2 swasta karena orang berbondong2 mendaftar kesana yang juga tidak murah, itu juga kalo sekali tes langsung dapat skor tinggi. feeling saya sebagian keuntungan yayasan ini mgkn dibagikan ke pejabat2 di PU. kedoknya aja cpns, tapi di bisniskan dengan swasta untuk cari untung.

    kita cari kerja untuk cari uang, tapi dengan semua ini, kita malah buang2 uang buat cari kerja yang dibuang ke pengurusan berkas2 toefl, SKCK, kartukuning, surat dokter dsb, sementara kerjanya juga gak dapat, uang gak kembali, sertifikat toefl pun gak kepake. (itu toefl yg dari swasta mau dipake dimana coba? CPNS lain gak minta syarat toefl dari yayasan2 tersebut). skck juga berlaku 3 bulan, setelah itu ngurus dari nol lagi, harusnya bisa perpanjangan langsung dipolisi seperti perpanjangan kartukuning. ga perlu lewat RT RW lurah camat dsb, makin banyak yg dilewati makin bnyk pungutan liar.

    SAMA SAJA dengan yang buang ratusan juta untuk calo cpns. kerjaan gak dapat, uang gak kembali. berkas ga bisa dipake cpns yang lain.

  35. g ada calo,bukan indonesia namanya..

  36. mkin susah aja daftr cpnsd,waktunya serentak uuuuhhhh….

  37. sudah lumayan “TRAUMA” dg test CPNSD secara mandiri.. Sudah di test,sudah d umumkan klo di terima,sudah pemberkasan,dan tinggal nunggu SK saja. Sampai sekarang 383 peserta yg dinyatakan di terima PNS di Pemkab Tuban Tahun 2009 dinyatakan batal. Siapa yg harus bertanggung jawab, klo CPNSD secara mandiri seperti ini….!!!!!!

  38. Bagi rekan2 yang akan dan sedang mengikuti rangkaian seleksi CPNS, Semoga Sukses. Jangan lewat jalan pintas ya…

  39. bingung dengan eleksi admiistrasi kementrian kesehatan.udah ngelengkapin syarat2 tetep aja ga lulus seleksi administrasi.apa sih kriterianya?????pusiiiiiiiing

  40. apa sih kriteria seleksi administrasi kemenkes???dah lengkapin syarat tetap aja ga lulus.pusiiiiing

  41. untuk penerimaan CPNS BKKBN 2010 yang katanya pengumuman tahap 1 akan d umumkan tanggal 19 0kt 2010,,tenyata 0 besar…tidak ada pengumuman apapun, tidak ada pemberitahuan apapun..sungguh mengecewakan..padahal berkas yang diminta untuk dikirim, paling lambat tanggal 21 okt 2010..boro2 mau nyiapin berkas,,lah wong pengumumannya aja gak ada!!!!

  42. Slama qta te2p mau usaha, kiranya Tuhan kan membuka pintu Rizky, Klo pejabat mau terbuka insya4JJI Tuhan akan mengampuni dosa-dosanya, bertindak dijalan yang benar, jujur dalam pelaksanaan, terbuka dalam informasi, nd tinggalkan modernisasi jahilliyah yg agar terhindar dari neraka, qta Ummat, pejabat jg ummat, halalkan rizky yg qta mkn n kluarga qta rasakan, korupsi, kolusi n nepotisme mari qta tinggalkan bersama-sama agar Indonesia dapat kembali JAYA, 4JJIhuakbar . . . . , M E R D E K A . . . .!

  43. Semoga yang tidak diterima menjadi PNS, dia segera menjadi wirausaha yang sukses dunia akhirat !

  44. PNS bukam segala-galanya…………..syukur klo bs masuk klo gk bs y gpp……

  45. cpns depkes 2010 g transparan..
    masak mengumumkan lewat login no.pendaftaran , kenapa g berani membuka di publik nama-nama yang lolos
    jangan -jangan banyak tikus rakus nya..
    wong pengumuman kelulusan kok diam-diam..
    emang departemen yang tempatnya di lubang tikus,takut diketahui orang

    aneh aneh

  46. sangat setuju sekali kl pendaftaran di buka secara online, gag ribet!! ngeluarin bny duit ngurus sanasini, pas liat IPK kurang dr persyaratan langsung REJECT…!!!! yuxx bikin “gerebek PNS yg keluyuran”

  47. Kalo sdh rejeki g akan kemana, tak akan lari gunug dikejar paling-paling MELETUS DUAARRRRR HA HA HA…..

  48. Makasih info nya smoga smuanya sukses.amiiin

  49. Hai…kamu jangan suka ngece begitu laaah…malu donk jadi keliatan bodo tau ga??? gtu aja ribet dsb…………………santai aza kaliiiiiiiiiii……klo ngomong di dunia maya begini yang baik2 aja laaah…………okey…………….

  50. betul mb mei sari’ah. kalau kebanyakan komplen ya gak usah daftar cpns. emang ada yang maksa kalian daftar apa?