Home » BERITA CPNS » CPNS 2008 Pertanyakan SK Pengangkatan Menjadi PNS

Perwakilan ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN) dari Formasi Guru Tahun 2008 mempertanyakan SK Pemda Kabupaten Mimika dalam hal pengangkatanya menjadi PNS/ASN. Sejak tahun 2008 hingga tahun 2012 ini, mereka baru mendapatkan Surat Keputusan Bupati Mimika Nomor SK 813.3-434, terhitung mulai tanggal 1 September 2009 mengangkat Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah.

Para CPNS/CASN ini juga telah mengikuti Prajabatan pada Pendidikan dan Pelatihan yang digelar oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pada tahun 2011 lalu. Namun sejak tahun 2008 hingga 2012, belum juga mendapat kepastian akan pengangkatannya menjadi PNS/ASN, sehingga sejumlah CPNS/CASN khawatir jangan sampai batal menjadi PNS/ASN.

Menanggapi adanya permasalahan yang menimpa ratusan guru CPNS/CASN tersebut, Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Mimika, Laurensius Lasol, SAg saat dijumpai Radar Timika mengatakan pihaknya merasa prihatin atas kebijakan yang kurang baik atas pengangkatan tenaga guru formasi tahun 2008 yang baru menerima SK CPNS/CASN pada 2009.

SK ini juga dari informasi para guru, baru diterima setahun kemudian yakni pada tahun 2010. Sejak menerima SK tersebut, tahun 2011 kemudian para guru ini mengikuti prajabatan sebagai salah satu syarat untuk pengajuan PNS/ASN. “Apabila seorang PNS/ASN berada dalam kurun waktu dua tahun masa CPNS/CASN akan dikenakan sanksi yakni pemberhentian karena tidak diusulkan menjadi PNS/ASN,” ujar Lasol.

Akibat belum ada kejelasan adanya pengangkatan PNS/ASN ini, menurut Lasol, bukanlah menjadi keinginan dari para guru yang sehari-hari telah menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik. Selama kurang lebih empat tahun, proses pengangkatan PNS/ASN telah ditunggu-tunggu oleh para guru. Sebanyak kurang lebih 160 guru, kata Lasol, masih menunggu Pemda untuk hal pengangkatan PNS/ASN. Pihaknya berharap para guru ini tidak mendapatkan permasalahan akibat terlalu lamanya proses pengangkatan PNS/ASN, yakni C2 atau diberhentikan dalam perekrutan pegawai.

Mewakili PGRI yang menaungi seluruh guru-guru, Lasol berharap Pemda dapat memberikan kejelasan mengenai pengangkatan PNS/ASN tersebut. Pihaknya tidak menginginkan adanya kesalahan administrasi yang dapat mengakibatkan kerugian bagi pihak guru yang sehari-hari sudah mengabdikan diri pada pendidikan. Pihaknya juga berharap Pemda tidak mempersulit proses pengangkatan mereka menjadi PNS/ASN.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:

Bagi Anda yang ingin mendapatkan Informasi dan Lowongan CPNS 2012-2013 Terbaru melalui Email, silahkan masukkan email Anda disini:

Delivered by PPCI CPNS INDONESIA



Post a Response