Home » Uncategorized » Honorer Bisa Diangkat Jadi CPNS – Fajar

Senin, 20 Februari 2012 | 19:38:23 WITA | 657 HITS
Honorer Bisa Diangkat Jadi CPNS/CASN
Murni: Honorer K2 Setelah K1

MAKASSAR, FAJAR — Ada kabar gembira bagi honorer di Sulsel. Selain honorer kategori I atau yang dibiayai APBN dan APBD, honorer kategori 2 (yang tidak dibiayai APBN dan APBD) juga bisa terangkat tahun ini. Khusus K2, mereka bisa terangkat jika K1 selesai pengangkatannya Maret atau paling lambat April.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Andi Murni Amien Situru, kepada FAJAR kemarin mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan Kementerian Pendayagunaa Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) membahas soal pengangkatan CPNS/CASN di 2012.

“K1 itu PP-nya akan turun Maret, paling lambat April. Jadi tetap ada. K2 pun juga bisa. Setelah selesai K1, K2 juga kita angkat,” kata Murni.

Untuk K1 di lingkup pemprov Sulsel sebanyak 265 orang. Hanya saja, 14 orang dinyatakan gugur setelah dilakukan evaluasi. Makanya yang akan terangkat menjadi CPNS/CASN hanya 251 orang.

“Kalau K2 kalau tidak salah ada 1.265 orang. Intinya, K2 (terangkat CPNS/CASN) setelah selesai K1. K1 keluar Maret atau paling lambat April. Itu disampaikan Deputi pengembangan SDM. Hanya saja, K2 belum dilakukan evaluasi. K1 saja yang bermasalah, termasuk di kabupaten kota akan dievaluasi ulang,” katanya.

Terkait perekrutan CPNS/CASN lewat seleksi, Murni mengatakan juga sudah ada petunjuk pusat. Hanya saja, harus dilakukan analisis kebutuhan, daftar urut kepangkatan, serta analisis beban kerja. Untuk pengangkatan CPNS/CASN lewat jalur umum ini, hanya memungkinkan untuk tenaga perawat, guru dan sipir penjara. Pemprov sendiri hanya bisa menyeleksi tenaga medis. Sedangkan guru bisa lewat kabupaten dan kota. Itu sepanjang pembayaran gajinya tidak melebihi 50 persen.

“Kita harus bikin analisis kebutuhan dan beban kerja lalu kita usulkan berapa untuk gajinya mereka. Kemudian kita usul uraian kerjanya. Itu harus diselesaikan sampai Juni. Jadi setelah kita hitung analisis kebutuhan, daftar urut kepangkatan kemudian analisis beban kerja, kita bisa usul dan dimasukkan Juni 2012. Kalau ini berjalan lancar, seleksi bisa dilakukan November atau Desember 2012,” katanya.

Saat ini sendiri, proses analisis masih sementara berjalan. Pemerintah daerah kata Murni sementara melakukan penghitungan. Baik untuk analisis kebutuhan 2012 maupun untuk 2013.

“Untuk penerimaan pegawai 2013, itu baru bisa dilakukan setelah kita menyelesaikan 7 poin syarat. Itu

kita akan bikin Desember 2012 untuk penerimaan 2013,” katanya. 

Sekadar diketahui, tujuh hal yang harus dilaporkan daerah untuk bisa melakukan seleksi CPNS/CASN di antaranya harus ada laporan perhitungan kebutuhan pegawai, uraian jabatan, laporan analisis dan beban kerja, peta jabatan, daftar urutan kepangkatan, serta laporan redistribusi berdasarkan disiplin ilmu.

Dalam pertemuan dengan Kemenpan, Murni juga telah mendapat penjelasan mengenai mekanisme ujian seleksi.

“Untuk penerimaan pegawai sudah dilakukan MoU antara Kemenpan dengan 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Jadi bukan kita mengusul PTN. Untuk Sulsel, saya belum tahu. Yang jelas ada 10 PTN yang melakukan MoU dengan Kemenpan,” katanya.

Sebelumnya, Sekprov Sulsel, HA Muallim mengatakan belum bisa memastikan apakah ada seleksi CPNS/CASN tahun ini atau tidak. “Seleksi CPNS/CASN, saya tidak tahu. Kita sejak awal sudah siap, tapi kan ada moratorium. Katanya minta dimoratorium dulu untuk melihat kebutuhan berapa di provinsi dan berapa di kabupaten, lalu apa itu yang dibutuhkan baru dianalisis dan secara nasional dibuatkan peraturan pemerintah untuk prosedur penerimaannya kembali. Saya kira juga sambil menunggu rancangan UU tentang aparatur sipil negara yang sangat reformatif itu,” kata Muallim. (amr/pap)



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:

Bagi Anda yang ingin mendapatkan Informasi dan Lowongan CPNS 2012-2013 Terbaru melalui Email, silahkan masukkan email Anda disini:

Delivered by PPCI CPNS INDONESIA



There Is 1 Response So Far. »

  1. Masa Cuma guru bantu aja yang diperhatikan tahun 2004 kebawah diangkat menjadi PNS 2012 sama Pemerintah/Negara itu namanya GAK ADIL/ LICIK/JAHAT/PELIT, Seharusnya yang GURU BANTU 2004 DAN BUKAN GURU BANTU 2005 ((Nur Diana Waty Nya)) diperhatikan juga dunk diangkat menjadi PNS 2012 itu baru namanya Adil(PANCASILA) dan Bijaksana dalam memimpin Negara Republik Indonesia.. Jadi tolonglah(Hibah)/kabulkanlah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan DIANGKAT NUR DIANA WATY MENJADI PNS 2012, AMIN.Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

Post a Response