Home » SOAL CPNS » BENTUK DAN JENIS SOAL CPNS 2013

BENTUK DAN JENIS SOAL CPNS 2013

Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Tes Kompetensi Dasar adalah tes yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan untuk menunjang keberhasilan seseorang jika yang bersangkutan bekerja atau memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Materi Tes Kompetensi Dasar sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9 Tahun 2012 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, yang meliputi:
A. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
TWK untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:
- Pancasila;
- Undang Undang Dasar 1945;
- Bhinneka Tunggal Ika;
- Negara Kesatuan Republik Indonesia (sistem tata Negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintahdaerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa indonesia secara baik dan benar).

CPNSONLINE INDONESIA memberikan pembelajaran kisi-kisi resmi materi Soal CPNS dari Pemerintah untuk para peserta seleksi penerimaan CPNS 2013 yang berkaitan dengan Soal TKD katagori Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), yang meliputi:
- Soal dan Jawaban Soal CPNS Pancasila dan Bhinneka Tunggal Eka
  Dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bidang Pancasila peserta seleksi CPNS 2013 akan diujikan berkaitan dengan pengetahuan dan pemahamannya berkaitan dengan Pancasila. Oleh karena itu, perlu pemahaman dan pembelajaran terkait pancasila.
- Soal dan Jawaban Soal CPNS Undang-Undang 1945
  Dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) bidang Undang-Undang 1945 peserta seleksi CPNS akan diujikan berkaitan dengan Undang-undang 1945 dan amandemennya. Oleh karena itu, peserta ujian cpns harus mempersiapkan peraturan dan undang-undang baik Undang-Undang Dasar 1945, penjelasan UUD 1945, dan perubahan dan amandemen UUD 1945.
- Soal dan Jawaban Soal CPNS Tata Negara Indonesia
  Berisi TKD Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang berhubungan dengan bidang Tata Negara Indonesia. Dengan mempelajari bentuk dan soal-soal yang bertema tata negara Indonesia, peserta seleksi penerimaan cpns mampu menjawab soal-soal soal cpns 2013.
- Soal dan Jawaban Soal CPNS Kebijakan Pemerintah
  Dalam Tes Kemampuan Dasar (TKD) katagori Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) peserta seleksi CPNS juga akan diujikan berkaitan dengan tema kebijakan pemerintah indonesia baik di tingkat pusat maupun daerah. Dengan memahami dan mempelajari bagaimana bentuk soal dan contoh soal kebijakan pemerintah pusat dan daerah diharapkan mampu menjawab soal cpns 2013 yang berhubungan dengan materi kebijakan pemerintah pusat dan daerah.
- Soal dan Jawaban SOAL CPNS Sejarah Indonesia
  Berisikan Tes Kemampuan Dasar (TKD) CPNS berkaitan dengan materi sejarah perjuangan Indonesia baik yang berkaitan dengan pengenalan sejarah nasional Indonesia, mulai kerajaan-kerajaan Indonesia, perjuangan sebelum kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan Indonesia, hingga perkembangan Indonesia hingga orde baru dan reformasi saat ini. Juga, beberapa contoh soal yang berkaitan dengan materi sejarah perjuangan bangsa Indonesia. 
- Soal dan Jawaban Soal CPNS Pengetahuan Umum
- Wawasan dan Pengetahuan umum beserta peranan Indonesia dalam dunia international juga akan diujikan bagi peserta seleksi CPNS dalam Tes Kemampuan Dasar (TKD). Oleh karena itu, penguasaaan atas materi dan soal-soal yang berkaitan dengan pengetahuan Umum yang sering diujikan dalam seleksi tes CPNS perlu dipelajari sehingga akan membantu para peserta ujian seleksi cpns yang memiliki jurusan dan bidang studi yang berbeda dalam menjawab soal TKD CPNS yang berkaitan dengan wawasan dan pengetahuan umum..
- Soal dan Jawaban Soal CPNS Bahasa Indonesia
  Berisi Tes Kemampuan Dasar (TKD) CPNS berkaitan dengan materi ringkasan pelajaran Bahasa Indonesia, EYD, dan juga contoh-contoh soal CPNS yang bertema bahasa Indonesia. Ebook ini akan mengingatkan dan membantu pemahaman peserta cpns dalam bentuk soal Bahasa Indonesia, sehingga dapat lebih mudah dalam menjawab soal-soal yang diujikan dalam ujain seleksi CPNS 2013.

B. Tes Intelegensi Umum (TIU)
TIU untuk menilai kompetensi pelamar dalam hal kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan logika, serta kemampuan analisis.
- Kemampuan Verbal, yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.
- Kemampuan Numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
- Kemampuan Berpikir Logis, yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
- Kemampuan Berpikir Analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

CPNSONLINE INDONESIA memberikan pembelajaran bagaimana meningkatkan intelegensi para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis
* Tes Intelegensi Umum (TIU) Soal dan Jawaban Analisa Verbal
  Soal CPNS Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan peserta seleksi CPNS dalam uji bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes
- Tes Sinonim (persamaan kata);
- Tes Antonim (lawan kata):
- Tes Padanan hubungan kata;
- Tes Pengelompokan kata.

* Tes Intelegensi Umum (TIU)
  Soal dan Jawaban Analisa Numerik. Tes angka berfungsi mengukur kemampuan peserta seleksi penerimaan CPNS di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi:
- Tes aritmetik (hitungan);
- Tes Seri angka,
- Tes Seri huruf;
- Tes Logika Angka;
- Tes Angka dalam cerita.

* Tes Intelegensi Umum (TIU) Soal CPNS Soal dan Jawaban Berpikir Logis dan Analitis
  Tes logika berfungsi mengukur kemampuan peserta seleksi penerimaan CPNS dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis dan analitis atau masuk akal sehingga diketahui tingkat kecepatan dan keakuratan peserta CPNS dalam menyelesaikan tugas-tugas Kepegawaian nanti. Tes ini meliputi:
- Tes Logika Umum;
- Tes Analisa Pernyataan;
- Tes Kesimpulan Silogisme;
- Tes logika Cerita;
 

C. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
CPNSONLINE INDONESIA memberikan Kisi-Kisi Resmi Materi Soal CPNS dari Pemerintah untuk katagori Tes Karakteristik Pribadi (TKP) yang meliputi:
- Integritas diri;
- Semangat berprestasi;
- Kreativitas dan inovasi;
- Orientasi pada pelayanan;
- Orientasi kepada orang lain;
- Kemampuan beradaptasi;
- Kemampuan mengendalikan diri;
- Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas;
- Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan;
- Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan
- Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

B. Soal CPNS Tes Kompetensi Bidang (TKB)
Berdasarkan Pedoman Resmi Pembuatan Materi Kisi-Kisi Soal-Soal CPNS yang ditetapkan pemerintah, bagi kementerian, lembaga, dan instansi pemerintah yang mengadakan ujian TKB untuk formasi jabatan tertentu atau pekerjaan tertentu, maka bentuk ujian TKB bisa berbetuk ujian tertulis, tes psikologi lanjutan, wawancara, dan/atau ujian praktek.
CPNSONLINE INDONESIA memberikan pembelajaran berdasarkan kisi-kisi resmi yang ditetapkan pemerintah tersebut untuk katagori tes praktek dan wawancara, yaitu:

TES WAWANCARA CPNS
Sebagian kementerian, lembaga, dan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah dalam proses seleksi penerimaan cpns terkadang mensyaratkan adanya Ujian wawancara bagi peserta yang telah dinyatakan lulus. Oleh karena itu, CPNSONLINE Indonesia memberikan pembelajaran bagaimana menghadapi tes wawancara tersebut agar hasil ujian seleksi cpns menjadi maksimal dan dengan hasil kelulusan tentunya..
-Persiapan sebelum wawancara ;
-Tentang Tes Wawancara;
-Tip Menghadapi wawancara;
-Tip Saat wawancara;
-Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara CPNS;

TES PRAKTEK CPNS
Sebagian kementerian, lembaga, dan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah dalam proses seleksi penerimaan cpns terkadang mensyaratkan adanya tes praktek untuk formasi jabatan atau pekerjaan tertentu bagi peserta yang telah dinyatakan lulus.
Oleh karena itu, CPNSONLINE Indonesia memberikan pembelajaran materi dan kisi-kisi apa saja yang akan diujikan dalam ujian praktek bagi peserta seleksi penerimaan CPNS 2013.- Tes Kesehatan;
- Tes Kesamptaan;
- Tes Kemampuan Mengajar (Pendidikan)
- Dan lainnya….

TES TKB TERTULIS
CPNSONLINE INDONESIA memberikan pembelajaran berdasarkan kisi-kisi resmi yang ditetapkan pemerintah tersebut untuk katagori tes ujian tertulis, yaitu:
TKB Agama Islam
TKB Agama Kristen
TKB Luar Negeri
TKB Ekonomi dan Perdagangan
TKB Lingkungan Hidup
TKB Biologi
TKB Hukum dan Perundangan
TKB Pembangunan & Kerakyatan
TKB Teknologi Informasi
TKB Tenaga Kerja & Industri
TKB Tenaga Kependidikan
TKB Olahraga
TKB LIPI (Penelitian)
TKB Tenaga kesehatan
TKB Kelautan & Perikanan
TKB Pertanian
TKB Ekonomi Syariah
TKB Keuangan
TKB Administrasi Negara
TKB Sosial Budaya dan Pariwisata
TKB Peradilan Indonesia
TKB  BPOM dan Farmasi
TKB Administrasi Kearsipan
TKB Perpustakaan
TKB Akuntansi
TKB Kehutanan
TKB Statistik
TKB Pertanahan

PAKET KHUSUS CPNS TENAGA HONORER
Bagi Peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri (CPNS) Daerah baik pemerintah daerah provinsi atau kabupaten/ kota di seluruh Indonesia. CPNSONLINE INDONESIA memberikan paket khusus soal-soal cpns daerah yang berstandar pada materi-materi kisi-kisi resmi, sehingga dengan persiapan yang tepat sasaran dan efektif akan mengantarkan Anda semua pada kelulusan dalam ujian penerimaan CPNS 2013.
Paket khusus CPNS TENAGA HONORER ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki kesempatan mengikuti seleksi CPNS Daerah baik tuk pemerintah daerah provinsi maupun di pemerintah daerah kabupaten/ kota seluruh Indonesia.
Tes Kompetensi Dasar (TKD)
- Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang meliputi soal cpns: Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika; UUD 1945; Tata Negara Indonesia; Kebijakan Pemerintah; Sejarah Indonesia; Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris; Pengetahuan Umum.
- Tes Intelegensi Umum (TIU) yang meliputi soal cpns tes kemampuan, analisa verbal; analisa numerik; berpikir logis dan analitis.
- Tes Karakteriktik Pribadi (TKP) yang meliputi penilaian atas: integrasi diri; semangat berprestasi; berorientasi pada pelayanan; kemampuan beradaptasi; mengendalikan diri; bekerja mandiri dan tuntas; belajar berkelanjutan; bekerja sama dalam kelompok; kemampuan menggerakkan; mengkoordinir orang lain.
- Tes Kompetensi Bidang (TKB) diperuntukkan bagi formasi tertentu atau pekerjaan tertentu yang meliputi: Tes Praktek; Tes Wawancara; Tes tertulis; Tes Psikotes lanjutan.
   

PAKET KHUSUS CPNS PEMERINTAH DAERAH
Bagi Peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri (CPNS) Daerah baik pemerintah daerah provinsi atau kabupaten/ kota di seluruh Indonesia.
CPNSONLINE INDONESIA memberikan paket khusus soal-soal cpns daerah yang berstandar pada materi-materi kisi-kisi resmi, sehingga dengan persiapan yang tepat sasaran dan efektif akan mengantarkan Anda semua pada kelulusan dalam ujian penerimaan CPNS 2013.
Tes Kompetensi Dasar (TKD)
- Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang meliputi soal cpns: Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika; UUD 1945; Tata Negara Indonesia; Kebijakan Pemerintah; Sejarah Indonesia; Bahasa Indonesia; Bahasa Inggris; Pengetahuan Umum.
- Tes Intelegensi Umum (TIU) yang meliputi soal cpns tes kemampuan analisa verbal; analisa numerik; berpikir logis dan analitis.
- Tes Karakteriktik Pribadi (TKP) yang meliputi penilaian atas: integrasi diri; semangat berprestasi; berorientasi pada pelayanan; kemampuan beradaptasi; mengendalikan diri; bekerja mandiri dan tuntas; belajar berkelanjutan; bekerja sama dalam kelompok; kemampuan menggerakkan; mengkoordinir orang lain.
- Tes Kompetensi Bidang (TKB) untuk formasi tertentu atau pekerjaan tertentu yang meliputi: – Tes Praktek; – Tes Wawancara; – Tes Tertulis; – Tes Psikotes CPNS lanjutan.   
Modul Diklat Prajabatan CPNS bagi yang telah dinyatakan lulus seleksi penerimaan CPNS 2013 untuk mengikuti tahap ujian prajabatan CPNS (sebelum diangkat menjadi CPNS).

Paket khusus CPNS DAERAH ini diperuntukkan bagi peserta yang memiliki kesempatan mengikuti seleksi CPNS Daerah baik tuk pemerintah daerah provinsi maupun di pemerintah daerah kabupaten/ kota seluruh Indonesia.
Pemerintah Daerah Provinsi dan Kota/ Kabupaten:
CPNS Daerah Provinsi Aceh    
CPNS Daerah Sumatera Utara    
CPNS Daerah Sumatera Barat    
CPNS Daerah Bengkulu    
CPNS Daerah Riau    
CPNS Daerah Kepulauan Riau    
CPNS Daerah Jambi    
CPNS Daerah Sumatera Selatan    
CPNS Daerah Lampung    
CPNS Daerah Bangka Belitung    
CPNS Daerah DKI Jakarta    
CPNS Daerah Jawa Barat    
CPNS Daerah Banten    
CPNS Daerah Jawa Tengah    
CPNS Daerah DI Yogyakarta    
CPNS Daerah Jawa Timur    
CPNS Daerah Kalimantan Barat     
CPNS Daerah Kalimantan Tengah
CPNS Daerah Kalimantan Selatan
CPNS Daerah Kalimantan Timur
CPNS Daerah Bali
CPNS Daerah Nusa Tenggara Barat
CPNS Daerah Nusa Tenggara Timur
CPNS Daerah Sulawesi Barat
CPNS Daerah Sulawesi Utara
CPNS Daerah Sulawesi Tengah
CPNS Daerah Sulawesi Selatan
CPNS Daerah Sulawesi Tenggara
CPNS Daerah Gorontalo
CPNS Daerah Maluku
CPNS Daerah Maluku Utara
CPNS Daerah Papua Barat
CPNS Daerah Papua

SELAIN KUMPULAN KISI-KISI SOAL CPNS 2013 TERSEBUT, JUGA DISEDIAKAN APLIKASI ONLINE DAN OFFLINE COMPUTER ASSISTED TEST (CAT)
Pelaksaan tryout menggunakan Computer Assisted Test (CAT) CPNSONLINE INDONESIA yang merupakan aplikasi CAT terbaik di Indonesia saat ini yang bisa dilakukan baik secara OFFLINE dan ONLINE, serta dapat dijalankan menggunakan media apapun seperti iPad, Ipod, Android, handphone, laptop, komputer desktop dan lainnya tanpa harus menginstall adobe flash flayer.
TRYOUT CPNSONLINE selain sebagai media pembelajaran UJI KEMAMPUAN sebelum Anda mengikuti seleksi ujian CPNS 2013, juga memberikan reward spektakuler bagi peserta terbaik berupa Laptop Asus X201E-KX162D, IPAD APPLE, Samsung Galaxy tab 2 7.0, BlackBerry Armstrong 9320, Tab Acer Iconia B1-A71, Voucher Pulsa, dan juga sertifikat penghargaan dari CPNSONLINE INDONESIA.
TRYOUT CPNSONLINE INDONESIA:
KOMPETISI TRYOUT ONLINE
- Tryout dilakukan secara ONLINE;
- Pelaksanaan berbatas waktu yang telah ditentukan;
- Sistem penilaian dengan sistem skor dan passing grade;
- Peserta yang lulus passing grade diberikan reward;
- Peserta dapat mengetahui hasil skor setelah masa kompetisi berakhir.

TRYOUT MANDIRI ONLINE
- Tryout dilakukan secara ONLINE;
- Waktu pelaksanaan setelah kompetisi online, tanpa dibatasi waktu (kapan saja);
- Sistem penilaian dengan sistem skor dan passing grade;
- Peserta dapat mengetahui hasil skor secara langsung setelah menjawab;
- Peserta dapat mengetahui hasil skor secara langsung melalui email;.

TRYOUT MANDIRI OFFLINE
- Tryout dilakukan secara OFFLINE (tanpa jaringan internet);
- Waktu pelaksanaan kapan saja, tanpa dibatasi waktu;
- Sistem penilaian dengan sistem skor dan passing grade;
- Peserta dapat mengetahui hasil skor secara langsung;.

PEMBAHASAN JAWABAN TRYOUT:
- Pembahasan secara langsung melalui diskusi forum khusus;
- Waktu pelaksanaan ditentukan;
- File pembahasan dalam bentuk pdf dan dapat diprintout.
- Penjelasan jawaban dari tim ahli cpnsonline;

Bagi Anda yang ingin mendapatkan bentuk dan pola-pola soal CPNS yang sesuai dengan ketentuan resmi tersebut,
silahkan dapatkan hanya di http://www.cpnsonline.com/



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:

Comments are closed.